Tuesday, 25 January, 2022

KIM PELANGI Desa Penggung

Seni Tari Tumpeng Agung


kimpelangi.kabpacitan.id – Tari kontemporer itu akan dibawakan bersama Tuju penari yang mengambarkan cerita Tumpeng Agung yang dikemas oleh para pelaku seni Desa Penggung yang melibatkan para pemuda dan pemudi dan diiring dengan music gamelan.

“Dalam cerita Jawa, Tumpeng agung melakukan perjalanan mengelilingi tumpeng yang berupa gunungan yang terbuat dari beras kuning yang dilengkapi dengan lauk pauk dan sayuran yang berasal dari desa ( petani ). Setelah itu tumpeng di makan bersama-sama dengan warga masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan pada bulan longkang ( bersih Desa ) Penggung yang dipusatkan di Balai Desa Penggung.

Narasi Tumpeng Agung sebagai berikut :

Dari narasi diatas Tumpeng Agung merupakan cerita asal usul Desa Penggung Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan yang mengambarkan bahwa Jaman dahulu Desa Penggung berasal dari Kata Tumpeng Agung :

Tumpeng yang dibuat dari beras berwana kuning ( dibuat dari beras dan kunyit )

Dalam upaya melestarikan Adat dan Budaya Desa Penggung memiliki  adat dan budaya kesenian lokal Upacara Tumpeng Agung yang menceritakan  :

Naliko jaman semana, ana sawijining desa kang kahanae gawat keliwat liwat wingit kepati pati. Ajata jalma manungsa, nadyan wujudte kewan kutu-kutu walang atogo tangkuowo mapan . Kahanan kang mangkono mau ndadekne susah penggalihe Kyai Demang Sonto Rejo. Banjur panjenengane nganakake upacara, kanti sarono gawe tumpeng gedhe kang ginawe saka sega punar kang diarani tumpeng agung temah mahanani desa mau dadi desa kang gemah ripah loh jinawi. Sakolo kawijil panggandikane, gandheng sirnane reretu desa iki disaranani nganggo tumpeng agung, besuk yen ana rajaning jaman tak jenengake desa penggung.

Dari narasi diatasi terbentukan DESA PENGGUNG SAMPAI SEKARANG.

0 comments on “Seni Tari Tumpeng Agung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *